Berita

Pohon Tumbang Akibat Hujan Deras dan Angin
Berita Terbaru , @ 24/04/2018 09:35:00
Partisipasi Pasukan Oranye pada HUT Tagana
Berita Terbaru , @ 02/04/2018 08:13:49
Kunker Dinas Perkim Tasikmalaya terkait RTLH
Berita Terbaru , @ 29/03/2018 08:07:27

Polling

Bagaimanakah kinerja Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Jemput Sampah Ala Bank Samiun

Berita Terbaru 10 Maret 2018 08:17:46 WIB Admin dibaca 109 kali

DisperkimLH - Armada Bank Sampah "SAMIUN" Kelurahan Kebumen, Sabtu (10/3), tertangkap kamera sedang melakukan aktifitas jemput sampah ke para nasabah. Sampah dari nasabah tersebut terlihat sudah dipilah berdasarkan jenis sampahnya sehingga memudahkan petugas dalam menimbang dan menilai harga sampah tersebut. Selanjutnya hasil penimbangan dan harga sampah tersebut akan dicatat sebagai tabungan nasabah yang nantinya akan digunakan untuk membantu pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).

Berdasarkan pernyataan Lurah Kebumen, Dede Suntoro, S.Sos saat rapat evaluasi penilaian Adipura, dari tabungan sampah tersebut dapat membantu dalam pembayaran pajak para nasabah lebih dari 90% sehingga dirasa sangat bermanfaat. Bank SAMIUN merupakan inovasi dari Kelurahan Kebumen yang patut mendapat apresiasi dan perlu direplikasi di kelurahan atau desa lainnya. Direktur Bank SAMIUN, Ristiyani, SH yang kebetulan juga sebagai istri Lurah Kebumen saat ini mulai sibuk memenuhi undangan menjadi narasumber di beberapa acara sosialisasi ataupun penyuluhan terkait pengelolaan sampah.

Untuk mendukung kegiatan Bank SAMIUN, Kelurahan Kebumen juga memiliki Armada Sapu Bersih Sampah (Saber Sampah) yang beroperasi setiap hari. Semoga inovasi dalam pengelolaan sampah dari Kelurahan Kebumen dapat di Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM) oleh kelurahan ataupun desa lainnya di Kabupaten Kebumen. (sek/hj)