Berita

Kebumen Susun Dokumen RPPLH
Berita Terbaru , @ 24/11/2017 08:00:01
Taman Datang, Warga Senang
Berita Terbaru , @ 24/11/2017 07:50:07
Desa Kembaran Akan Kembangkan Pertanian Organik
Berita Terbaru , @ 23/11/2017 11:42:43

Polling

Bagaimanakah kinerja Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

TPA Kaligending Bisa Jadi Lokasi Eduwisata

Berita Terbaru 20 Oktober 2017 08:03:33 WIB Admin dibaca 33 kali

DisperkimLH - Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Kaligending Karangsambung merupakan satu dari dua TPA di Kabupaten Kebumen yang cukup representatif. Pasalnya TPA yang berjarak 20 km dari pusat kota Kebumen memiliki luas kurang lebih 5 hektar dengan fasilitas pendukung berupa kantor, jembatan timbang, truck loader, bulldozer dan eksavator.

Untuk mengurangi polusi dan pencemaran, TPA juga dilengkapi dengan tempat pencucian mobilĀ pengangkut sampah dan Instalasi Pengolahan Air Limbah/Lindi (IPAL). Menurut Kepala Dinas Perkim LH Edi Rianto, ST. MT saat berkunjung ke lokasi didampingi Kabid Kebersihan dan Pertamanan Agus Hanafi, ST. MT dan Kasi Kebersihan Agung Basuki, ST. MT. (Jumat,20/10) mengatakan bahwa TPA Kaligending menjadi TPA andalan bagi Pemkab Kebumen karena dengan rata- rata pembuangan sampah 80 ton per hari diperkirakan TPA ini mampu berfungsi selama 15 tahun kedepan.

Selain menggunakan sistem penimbunan dengan teknik control landfill untuk mengurangi bau dan polusi udara, TPA ini juga terintegrasi dengan Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT), lanjutnya. Pada kesempatan yang sama Agus Hanafi menambahkan bahwa TPA Kaligending sudah melakukan aktivitas pemilahan sampah terutama sampah plastik dan memiliki area pasif yang bisa dimanfaatkan untuk peruntukan lainnya. Harapannya kedepan TPA Kaligending akan dilengkapi juga dengan pemanfaatan gas metan melalui alat biogas.

Dengan latar belakang pemandangan yang cukup indah serta letaknya yang cukup mudah dijangkau, tidak menutup kemungkinan TPA Kaligending ke depannya akan dimanfaatkan sebagai tempat wisata edukasi (eduwisata sampah). (sek/hj)