Berita

109 Desa/Kelurahan Deklarasikan Stop BABS
Berita Terbaru , @ 04/12/2018 08:14:47
SELAMAT HARI MENANAM POHON INDONESIA
Berita Terbaru , @ 28/11/2018 08:32:03
HCPSN : Selamatkan Puspa dan Satwa Indonesia
Berita Terbaru , @ 27/11/2018 13:54:09

Polling

Bagaimanakah kinerja Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

CFD, Lingkungan Bersih Masyarakat Sehat

Berita Terbaru 08 Januari 2018 13:17:48 WIB Admin dibaca 136 kali

DisperkimLH - Hari bebas kendaraan bermotor atau lebih dikenal dengan istilah Car Free Day (CFD) merupakan salah satu kegiatan yang diampu Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara agar kualitas udara tetap terjaga.

Kegiatan ini secara rutin dilaksanakan setiap hari Minggu mulai pukul 06.00 - 09.00 WIB di seputar alun-alun Kebumen sebagai pusat keramaian kota. Saat kegiatan ini dilaksanakan, semua kendaraan dan mesin bermotor dilarang masuk dan beroperasi di area alun-alun karena masyarakat memanfaatkan lokasi tersebut untuk aktivitas olah raga seperti senam, joging, jalan sehat, bersepeda dan olah raga lainnya. Selain itu ada juga masyarakat yang memanfaatkan untuk menambah pendapatan dengan berjualan dan menyewakan mainan anak-anak.

Di panggung hiburan, acara biasanya diisi dari siswa sekolah secara bergantian setiap minggu menampilkan pentas seni dan budaya seperti menari dan menyanyi. Tidak hanya itu, saat ini banyak juga komunitas-komunitas yang tumbuh dan menunjukkan eksistensinya dengan cara berkelompok dan melakukan kegiatan sesuai kelompoknya masing-masing.

Seperti pada CFD minggu ini (7/1), terlihat sekelompok remaja putri dengan identitas muslim berkumpul dibawah gerimis kecil melakukan kegiatan bersama. Saat kami pantau, sungguh di luar dugaan ternyata mereka adalah komunitas penghafal Al Quran atau sering disebut Tahfidz Al Quran. Komunitas seperti ini sangat positif dan patut dicontoh oleh remaja lainnya.

Namun disisi lain pelaksanaan CFD masih perlu dievaluasi karena masih saja ada kendaraan bermotor ataupun diesel yang beroperasi di lokasi CFD. Selain itu masyarakat juga masih perlu diingatkan kembali dalam hal menjaga kebersihan lingkungan terutama dalam membuang sampah. Diharapkan kegiatan CFD ini bisa didukung oleh masyarakat luas agar memberikan manfaat tidak hanya untuk kelestarian lingkungan tetapi juga berdampak positif bagi kesehatan masyarakat baik kesehatan jasmani maupun rohani. (sek/hj)