Berita

Kebumen segera miliki Perda Pengelolaan Air Limbah Domestik
Berita Terbaru , @ 05/10/2018 08:34:10
Agar Sampah Menjadi Berkah
Berita Terbaru , @ 05/10/2018 08:29:16
Langit Biru
Berita Terbaru , @ 04/10/2018 14:31:02

Polling

Bagaimanakah kinerja Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Peningkatan Kualitas Perempuan Melalui Pelatihan Pemanfaatan Sampah

Berita Terbaru 06 Februari 2018 22:05:16 WIB Admin dibaca 121 kali

DisperkimLH - Sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup, Desa Demangsari Kecamatan Ayah bersama Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen mengadakan pelatihan pemanfaatan sampah rumah tangga yang diselenggarakan di Balai Desa Demangsari, Selasa (6/2).

Pelatihan diikuti oleh 40 orang yang sebagian besar kaum perempuan utamanya ibu-ibu rumah tangga. Sebagai narasumber  adalah Ir. Tri Mulyono selaku Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas LH dan Direktur Bank Sampah "Samiun" Kelurahan Kebumen, Ibu Ristiani. Materi yang diberikan pada pelatihan tersebut antara lain tentang pengelolaan sampah rumah tangga, manajemen bank sampah dan praktek pembuatan pupuk organik. Hadir juga Muspika Kecamatan Ayah, Dinas Permades P3A, Persit Kartika Chandra Kirana, PKK, Kades Demangsari dan Tokoh Masyarakat,

Tujuan yang diharapkan dapat dicapai dari peserta yang mengikuti pelatihan utamanya adalah  sebisa mungkin menekan timbulan sampah domestik atau rumah tangga, termasuk dengan mengurangi pemakaian bahan-bahan dari plastik. Pemilahan sampah melalui prinsip 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) untuk dapat dimaksimalkan dan dapat menjadi kebiasaan. Pemerintah Desa juga didorong untuk membentuk TPS3R dan Bank sampah sehingga hanya barang-barang yang betul betul tidak dapat dimanfaatkan yang dibuang ke TPA. 

Seperti yang diutarakan oleh Direktur Bank Sampah Samiun Kelurahan Kebumen, warga sudah melaksanakan pemilahan sampah dan menjadikan sampah sebagai tabungan yang pemanfaatannya bisa digunakan untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), sehingga bisa membantu meringankan ekonomi keluarganya.

Pada akhir acara, peserta diajak langsung praktek membuat pupuk organik dengan memanfaatkan limbah rumah tangga. Diharapkan dengan kegiatan ini nantinya peserta utamanya para kaum perempuan bisa mengelola dan memanfaatkan sampah rumah tangga. Pada acara tersebut hadir Muspika Kecamatan Ayah, Dinas Permades P3A, Persit Kartika Chandra Kirana, PKK, Kades Demangsari dan Tokoh Masyarakat. (sek/hj)