Berita

109 Desa/Kelurahan Deklarasikan Stop BABS
Berita Terbaru , @ 04/12/2018 08:14:47
SELAMAT HARI MENANAM POHON INDONESIA
Berita Terbaru , @ 28/11/2018 08:32:03
HCPSN : Selamatkan Puspa dan Satwa Indonesia
Berita Terbaru , @ 27/11/2018 13:54:09

Polling

Bagaimanakah kinerja Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Mahasiswa KKN IAINU dibekali Materi Lingkungan Hidup

Berita Terbaru 26 November 2018 10:56:43 WIB Admin dibaca 20 kali

DisperkimLH - Ratusan mahasiswa IAINU Kebumen yang akan mengikuti KKN diberi pembekalan berbagai materi dari instansi terkait, salah satunya materi tentang lingkungan hidup yang menghadirkan narasumber dari Dinas Perkim-LH Kebumen. Kegiatan pembekalan yang dilaksanakan di auditorium kampus tersebut dilaksanakan selama 2 hari (21-22/11) dengan sistem marathon dari pagi hingga sore hari.

Sesi untuk materi lingkungan hidup dilaksanakan hari Kamis (22/11) jam 14.00-15.00 WIB dengan menghadirkan Sekretaris Dinas Perkim-LH, Sri Pambudi, SPt. MSc. sebagai narasumber didampingi Pembantu Rektor III dan moderator. Memasuki sesi ini, sebelum penyampaian materi, untuk menghilangkan penat dan jenuh karena sudah 2 hari mengikuti pembekalan, para peserta diberikan fun quiz sebagai ice breaking. Dua pertanyaan yang dirasa gampang ternyata menjebak sehingga hampir semua peserta menjawab dengan keliru. Setelah sadar bahwa jawabannya keliru, sontak seluruh peserta tertawa riuh sambil saling berpandangan satu sama lain.

Seperti disampaikan oleh Pembantu Rektor III IAINU Kebumen, materi tentang lingkungan cukup menarik karena saat ini banyak sekali isu masalah lingkungan. Tidak hanya lingkungan alam, saat melaksanakan KKN yang tidak kalah pentingnya, mahasiswa juga harus memperhatikan masalah lingkungan sosial di masyarakat. Sopan santun dan tata krama harus selalu dijaga dan mahasiswa harus menjaga nama baik almamater.

Sedangkan untuk materi lingkungan hidup, narasumber menyampaikan beberapa isu baik isu global, nasional maupun daerah antara lain global warming, persampahan, kerusakan lingkungan dan pencemaran. Disisi lain, narasumber juga menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan oleh Dinas Perkim-LH untuk pelestarian alam seperti penyusunan regulasi, sosialisasi sampah dan limbah, penanaman pohon, penebaran ikan, pelepasan burung, bersih sampah, pembuatan biopori, pemantauan dan pengawasan kegiatan usaha, penyediaan ruang terbuka hijau serta penyediaan sarpras. Kepada mahasiswa juga dipesankan agar ikut aktif mensosialisasikan masalah pelestarian lingkungan karena lingkungan yang lestari akan dinikmati oleh anak cucu kita. (sek/hj)